Text
Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Kemampuan Komunikasi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019
SARI
Rahayu, 2023. “Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Kemampuan Komunikasi dan
Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan
Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019”. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Universitas Negeri Semarang. Pembimbing. Dr. Nina Oktarina, S. Pd., M. Pd.
Kata kunci : Minat Menjadi Guru; Persepsi Profesi Guru; Kemampuan
Komunikasi; Lingkungan Keluarga
Pendidikan merupakan suatu sistem yang tidak lepas dari peran seseorang
pendidik atau guru. Berdasarkan studi pendahuluan minat menjadi guru pada
mahasiswa program studi Pendidikan Administrasi Pekantoran Fakultas
Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2019
menunjukkan bahwa rata-rata alasan mahasiswa yang belum berminat menjadi guru
adalah karena guru bukan profesi yang menjanjikan bagi mereka. Mereka memilih
bekerja di perusahaan, atau profesi lain yang lebih menjanjikan. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru, kemampuan
komunikasi dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FEB
UNNES angkatan 2019 yaitu 114 orang. Maka, sampel penelitian ini adalah 90
mahasiswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan angket. Sebelum melakukan analisis data,
dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis standar deskriptif, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yakni regresi linear
berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil regresi linear berganda dalam
penelitian memperoleh nilai konstanta yaitu 2,546 yang artinya jika semua variabel
independen = 0 maka nilai minat menjadi guru masih mengalami kenaikan sebesar
2,546. Kemudian variabel persepsi profesi guru, kemampuan komunikasi, dan
lingkungan keluarga memperoleh nilai signifikanasi kurang dari 0,05 yang artinya
variabel persepsi profesi guru, kemampuan komunikasi, dan lingkungan keluarga
berpengaruh secara parsial terhadap minat menjadi guru. Selanjutnya uji koefisien
determinasi diperoleh besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,529 yang
menunjukkan bahwa persepsi profesi guru, kemampuan komunikasi dan
lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar
62,9%.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara persepsi profesi guru, kemampuan komunikasi dan lingkungan
keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi
Perkantoran Universitas Negeri Semarang angkatan 2019. Saran penelitian ini
adalah agar calon pendidik lebih banyak mengeksplor informasi, kemudian dosen
harus menerapkan PJBL ketika perkuliahan berlangsung dan sebaiknya orang tua
harus meningkatkan intensitas komunikasi dengan putra-putrinya. Selain itu
peneliti berharap agar penelitian selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang
lebih beragam agar mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain