Text
Pengaruh Kepercayaan Diri, Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga Dengan Perbedaan Budaya Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa di SMK Teuku Umar Semarang Program Keahlian MPLB
SARI
Ulhaq, Moh. Azzam Daffa. 2024. “Pengaruh Kepercayaan Diri, Kecerdasan
Emosional dan Lingkungan Keluarga dengan Perbedaan Budaya sebagai Variabel
Moderasi Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa SMK Teuku Umar Semarang
Program Keahlian MPLB”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas
Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Tusyanah,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Kepercayaan Diri, Kecerdasan
Emosional, Lingkungan Keluarga dan Perbedaan Budaya
Keterampilan komunikasi merupakan hal penting yang perlu dikuasai oleh
siswa, karena untuk menjalin komunikasi dengan orang lain dan melancarkan
proses pembelajaran. Tanpa kemampuan komunikasi yang efektif, siswa tidak
dapat mengungkapkan ide atau pendapat dengan baik. Hal tersebut didukung oleh
hasil angket awal keterampilan komunikasi siswa terdapat 39,63% siswa yang
belum memiliki keterampilan komunikasi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan keterampilan komunikasi.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif. Populasi penelitian ini
sebanyak 177 siswa SMK Teuku Umar Semarang Program Keahlian MPLB.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random
sampling sehingga menghasilkan ukuran sampel siswa dengan taraf toleransi 5%.
Pengambilan data penelitian meggunakan wawancara dan angket. Metode analisis
data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Partial Least Square-Structural
Equation Modelling (PLM-SEM) dengan program SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 7 (tujuh) hipotesis yang diajukan,
terdapat 2 (dua) hipotesis yang ditolak dan 5 (lima) hipotesis yang diterima, dengan
rincian sebagai berikut, kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keterampilan komunikasi sebesar 44,9% yang merupakan variabel dengan
pengaruh paling besar. Akan tetapi, kepercayaan diri yang dimoderasi oleh
perbedaan budaya berperngaruh negatif dan tidak signifikan sebesar -0,01%.
Kecerdasan emosional berpengaruh secara positif dan signifikan sebesar 14,9%
terhadap keterampilan komunikasi. Namun, kecerdasan emosional yang dimoderasi
oleh perbedaan budaya berpengaruh negatif dan tidak signifikan sebesar -7,4%.
Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan
komunikasi sebesar 21,9%. Begitupula lingkungan keluarga yang dimoderasi oleh
perbedaan budaya berpengaruh positif dan signifiikan sebesar 10,1%. Selanjutnya,
perbedaan budaya berpengaruh positif dan signifikan sebesar 23,4% terhadap
keterampilan komunikasi.
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa 5 (lima) hipotesis diterima dan 2
(dua) hipotesis ditolak. Saran yang dapat diberikan kepada siswa adalah agar dapat
menerima dan memahami perbedaan budaya yang ada, karena hal tersebut dapat
mempengaruhi pola pikir, termasuk keterampilan komunikasi siswanya. Kepada
peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain yang
dapat mempengaruhi keterampilan komunikasi seperti pengalaman berorganisasi,
dukungan sosial, lingkungan teman sebaya, atau variabel lain.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain