Text
Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Persepsi, Pendapatan, Motivasi Sosial Dan Media Informasi Terhadap Minat Berwakaf Uang
SARI
Puspitasari, Aulia, 2024. “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Persepsi,
Pendapatan, Motivasi Sosial Dan Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat
Berwakaf Uang”. Skripsi. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomika dan
Bisnis. Universitas Negeri Semarang.
Dosen Pembimbing : Dr. Hasan Mukhibad, S.E., M.Si.
Kata Kunci : Pengetahuan, Religiusitas, Persepsi, Pendapatan, Motivasi
Sosial, Media Informasi, dan Minat, Wakaf Uang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan,
religiusitas, persepsi, pendapatan, motivasi sosial dan media informasi terhadap
minat berwakaf uang.
Populasi dalam penelitian adalah wakif lembaga ZISWAF TASLAM
(Pondok Pesantren Takmirul Islam). Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah non-probability sampling. Jumlah respondennya sebanyak 150 responden.
Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data
yang digunakan yaitu metode analisis SEM yang didukung oleh aplikasi Smart PLS
3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwakaf uang, religiusitas berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwakaf uang, persepsi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwakaf uang, pendapatan berpengaruh negative dan
signifikan terhadap minat berwakaf uang, motivasi sosial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwakaf uang, media informasi tidak berpengaruh
terhadap minat berwakaf uang. Nilai adj R2 sebesar 0,832 atau 83,2% dapat
dikatakan bahwa variabel bebas, yakni pengetahuan, religiusitas, persepsi,
pendapatan, motivasi sosial dam media informasi dapat mempengaruhi minat
berwakaf uang sebesar 83,2%.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah dapat menggunakan lembaga
wakaf lain sehingga dapat memperkaya hasil penelitian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain