Text
Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar, Persepsi Biaya Pendidikan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Batang
SARI
Effendi, Aditya Kurniawan. 2023. “Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial
Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar, Persepsi Biaya Pendidikan dan Efikasi Diri
Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Akuntansi
SMK Negeri 1 Batang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas
Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang
Pembimbing: Anna Kania Widiatami, S.E., M.Ak., Akt.
Kata Kunci : Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, Motivasi
Belajar, Status Sosial Ekononi Orang Tua, Prestasi Belajar, Persepsi Biaya
Pendidikan, Efikasi Diri
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan
menengah yang fokus pada pengembangan keterampilan siswa untuk
melaksanakan suatu jenis pekerjaan sesuai dengan kompetensi keahlian yang
dipilih agar nanti tercipta siswa yang siap terjun ke dunia kerja. Namun seiring
perkembangan jaman, standar dunia yang semakin tinggi secara tidak langsung
menuntut siswa SMK untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan
tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh motivasi belajar,
status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar, persepsi biaya pendidikan dan
efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa
akuntansi SMK Negeri 1 Batang tahun ajaran 2023/2024.
Populasi penelitian ini adalah siswa akuntansi kelas X, XI, dan XII SMK
Negeri 1 Batang tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 288 siswa. Penentuan sampel
menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 168 siswa. Teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan proportional random sampling.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan koefisien
determinasi.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa minat siswa siswa
Akuntansi SMK Negeri 1 Batang dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi
berada pada kategori sangat tinggi, motivasi belajar berada pada kategori tinggi,
status sosial ekonomi orang tua berada pada kategori rendah, prestasi belajar siswa
berada pada kategori baik, persepsi biaya Pendidikan berada pada kategori tinggi,
dan efikasi diri berada pada kategori tinggi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif
terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Status sosial ekonomi orang
tua, prestasi belajar, persepsi biaya pendidikan, dan efikasi diri tidak berpengaruh
terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Siswa di sarankan untuk
untuk meningkatkan kembali kesadaran tentang pentingnya jenjang pendidikan
tinggi bagi masa depan. Pihak sekolah juga di sarankan memberikan motivasi dan
memberikan informasi lebih lanjut mengenai perguruan tinggi secara lebih detail
kepada siswa, agar siswa dapat memperoleh informasi yang lebih luas.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain