Text
Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persepsi Mahasiswa Tentang Pendidikan Profesi Guru, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019
SARI
Jatmika, Bagus. 2024. “Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persepsi
Mahasiswa Tentang Pendidikan Profesi Guru, dan Lingkungan Keluarga
Terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru Pra Jabatan (Studi Pada
Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019)”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Universitas Negeri Semarang, Pembimbing: Dr. Lyna Latifah, S.Pd., S.E., M.Si.
Kata Kunci: Minat Mengikuti PPG, Praktik Pengalaman Lapangan, Persepsi
tentang PPG, Lingkungan Keluarga.
Minat mengikuti PPG merupakan kecenderungan, perasaan senang, dan
ketertarikan seseorang terhadap keinginannya untuk mengikuti program
Pendidikan Profesi Guru (PPG) setelah menyelesaikan jenjang pendidikan S1.
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL), persepsi mahasiswa tentang pendidikan profesi guru,
dan lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 207 Mahasiswa Prodi Pendidikan
Ekonomi angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling dengan kriteria
mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang
yang telah mengikuti PPL. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 115
mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis
data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil uji statistik deskriptif diketahui bahwa minat mengikuti PPG, PPL dan
persepsi mahasiswa tentang PPG tergolong tinggi, sedangkan lingkungan keluarga
tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPL dan persepsi
mahasiswa tentang PPG berpengaruh positif signifikan terhadap minat mengikuti
PPG. Namun lingkungan keluarga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap
minat mengikuti PPG. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara bersama-
sama variabel PPL, persepsi mahasiswa tentang PPG, dan lingkungan keluarga
berpengaruh positif signifikan terhadap minat mengikuti PPG.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh PPL, persepsi
mahasiswa tentang PPG, dan lingkungan keluarga terhadap minat mengikuti PPG
secara simultan. Secara parsial terdapat pengaruh PPL dan persepsi mahasiswa
tentang PPG terhadap minat mengikuti PPG, dan tidak ada pengaruh lingkungan
keluarga terhadap minat mengikuti PPG. Saran dalam penelitian ini, mahasiswa
diharapkan dalam melaksanakan PPL harus lebih maksimal dalam meningkatkan
dan melatih keterampilan mereka dalam mengajar secara langsung di dalam kelas,
dan mahasiswa diharapkan mencari informasi lebih mengenai PPG diberbagai
media sosial agar mahasiswa dapat lebih memahami tujuan dan pentingnya
program PPG bagi peningkatan kompetensi dan kualitas guru sehingga akan timbul
persepsi yang positif terhadap program tersebut.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain