Text
Pengaruh Efikasi Diri, Teaching Factory, Praktik Kerja Industri, dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang
SARI
Viana, Anisa Okta. 2024. Pengaruh Efikasi Diri, Teaching Factory, Praktik Kerja
Industri, dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII
Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing: Dr. Kusumantoro, S.P.d, M.Si.
Kata Kunci: Kesiapan Kerja, Efikasi Diri, Teaching Factory, Praktik Kerja
Industri, Bimbingan Karir
Sekolah Menengah Kejuruan merupakan pendidikan kejuruan yang
memiliki salah satu tujuan menghasilkan lulusan yang siap bekerja. Tingkat
pengangguran lulusan SMK Negeri 2 Semarang meningkat dalam dua tahun
terakhir. Penurunan jumlah lulusan yang terserap di dunia kerja terjadi di jurusan
Bisnis Daring dan Pemasaran. Peningkatan jumlah peserta didik yang masih dalam
masa tunggu juga terjadi di jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri, Teaching factory, praktik kerja
industri, dan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja peserta didik kelas XII
jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII jurusan Bisnis
Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan
seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel penelitian yaitu sejumlah 106
peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan nilai praktik
kerja industri peserta didik kelas XII jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK
Negeri 2 Semarang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif
dan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa efikasi diri, teaching factory,
praktik kerja industri, dan bimbingan karir pada kategori baik. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja .
Teaching factory berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Praktik kerja industri
berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Bimbingan karir berpengaruh positif
terhadap kesiapan kerja. Kemudian secara simultan efikasi diri, teaching factory,
praktik kerja industri, dan bimbingan karir berpengaruh positif terhadap kesiapan
kerja peserta didik kelas XII jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri
2 Semarang.
Simpulan penelitian ini efikasi diri, teaching factory, praktik kerja industri,
dan bimbingan karir berpengaruh terhadap kesiapan kerja peserta didik kelas XII
jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 2 Semarang. Saran dalam
penelitian ini, efikasi diri dapat ditingkatkan dengan menguasai kompetensi
keahlian, teaching factory dapat ditingkatkan dengan penguasaan administrasi
transaksi, praktik kerja industri dapat ditingkatkan dengan meningkatkan etos kerja,
dan bimbingan karir dapat ditingkatan dengan pemahaman karir dan hambatan
secara mendalam.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain