Text
Pengaruh Efikasi Diri, Perencanaan Karir, Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)
ix
SARI
Dewi, Dyah Mustika Chandra. 2024. “Pengaruh Efikasi Diri, Perencanaan Karir,
Pengenalan Lapangan Persekolahan dan Persepsi Profesi Guru terhadap Minat
Mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Ekonomi (Akuntansi). Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing : Dr. Jarot Tri Bowo Santoso, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Minat Mengikuti Pendidikan Profesi Guru, Efikasi Diri,
Perencanaan Karir, Pengenalan Lapangan Persekolahan, Persepsi Profesi
Guru.
Pendidikan profesi guru (PPG) merupakan salah satu program pemerintah
untuk meningkatkan kualitas dan keprofesionalitasan seorang guru. Melalui
pendidikan profesi guru diharapkan calon guru mendapatkan
pengetahuan,keterampilan, dan etika yang dibutuhkan untuk mengajar secara
efektif. Akan tetapi antusiasme mahasiswa dalam mengikuti PPG masih rendah.
Berdasarkan observasi kepada sebagaian mahasiswa Pendidikan Ekonomi,
Universitas Negeri Semarang mengenai rencana untuk melanjutkan PPG setelah
lulus sarjana, ternyata lebih banyak mahasiswa yang tidak merencanakan
melanjutkan PPG dan memilih bekerja diluar instansi pendidikan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk menguji pengaruh efikasi diri, perencanaan karir, pengenalan
lapangan persekolahan dan persepsi profesi guru terhadap minat mengikuti PPG.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi penelitian
mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 Fakultas Ekonomika dan Bisnis
sebanyak 372 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional
quota random sampling sebanyak 193 mahasiswa. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang sudah diuji secara validitas dan reliabilitas. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa efikasi diri, perencanaan karir,
pengenalan lapangan persekolahan, dan persepsi profesi guru secara bersama-sama
berpengaruh sebesar 69,8% terhadap minat mengikuti pendidikan profesi guru
(PPG). Secara parsial efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan sebesar 36,60%
terhadap minat mengikuti PPG, perencanaan karir berpengaruh positif dan
signifikan sebesar 19,71% terhadap minat mengikuti PPG, pengenalan lapangan
persekolahan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 5,06% terhadap minat
mengikuti PPG. Sementara persepsi profesi guru berpengaruh negatif dan signifkan
terhadap minat mengikuti pendidikan profesi guru.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri,
perencanaan karir, pengenalan lapangan persekolahan, dan persepsi profesi guru
terhadap minat mengikuti PPG secara simultan, terdapat pengaruh efikasi diri,
perencanaan karir, pengenalan lapangan persekolahan terhadap minat mengikuti
PPG, dan tidak ada pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat mengikuti PPG
pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES. Saran yang diberikan adalah
mahasiswa dapat mencari informasi mengenai pendidikan profesi guru kepada
alumni yang sudah dan sedang mengikuti PPG dan selalu update terhadap informasi
dan regulasi terbaru PPG melalui laman website resmi pemerintah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain