Text
Pengaruh Efikasi Diri, Gaya Belajar, dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 01 Semarang Jurusan Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis
SARI
Octafiana, Aulia Maghfira 2024. “Pengaruh Efikasi Diri, Gaya Belajar, dan
Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 01
Semarang Jurusan Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis”. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomika dan
Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Fahrur Rozi, S.Pd., M.Pd.,
Ph.D.
Kata kunci : Efikasi Diri, Gaya Belajar, Metode Pembelajaran, dan Hasil
Belajar.
Hasil belajar siswa merupakan kemampuan yang diperoleh setelah melalui
kegiatan belajar, atau perubahan perilaku pada siswa setelah mengalami kegiatan
belajar. Hasil belajar sendiri dipengaruhi oleh berbagai faktor contohnya yaitu
efikasi diri, gaya belajar, dan metode pembelajaran. Di SMK PGRI 01 Semarang
khususnya Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis hasil belajar
siswa menunjukan hasil yang kurang baik, bahkan 79% dari jumlah siswanya
mendapat nilai C. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh efikasi diri, gaya belajar, dan metode pembelajaran terhadap
hasil belajar siswa kelas XI Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
SMK PGRI 01 Semarang.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
populasi sejumlah 85 siswa kelas XI Jurusan Manajemen Perkantoran dan
Layanan Bisnis SMK PGRI 01 Semarang dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan berupa teknik uji asumsi klasik, analisis regresi linear
berganda, uji hipotesis, dan analisis statistik deskriptif presentase.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda
sebagai berikut Y = 2,014 + 0,215X1 + 0,379X2 + 0,257X3 + e. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat pengaruh simultan antara variabel efikasi diri, gaya
belajar, dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar sebesar 51,6%. Variabel
yang memiliki pengaruh terbesar terhadap hasil belajar adalah variabel efikasi diri
berpengaruh sebesar 0,270%, variabel gaya belajar sebesar 0,012%, dan variabel
metode pembelajaran sebesar 0,116%.
Kesimpulan dalam penelitian yang telah dilakukan mengenai hasil belajar
siswa kelas XI SMK PGRI 01 Semarang Jurusan Manajemen Perkantoran Dan
Layanan Bisnis Tahun Ajaran 2022/2023 diperoleh hasil penelitian yakni adanya
pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara efikasi diri, gaya belajar,
dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar. Saran yang dapat diberikan yaitu
(1) Siswa hendaknya lebih meningkatkan keyakinan dan kemampuan pada
dirinya. (2) Siswa hendaknya lebih meningkatkan semangat belajar dengan cara
mencari gaya belajar apa yang sesuai dengan dirinya sendiri. (3) Siswa hendaknya
berkomunikasi dengan guru pembelajaran jika dirasa metode pembelajaran yang
dilakukan oleh guru kurang dapat diikuti oleh siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain