Text
Strategi Bauran Pemasaran Pada Agen BRILink Omah Pojok
SARI
Himawan, F. Y. 2024. “Strategi Bauran Pemasaran Pada Agen BRILink Omah
Pojok”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Koperasi. Fakultas Ekonomika dan
Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Lola Kurnia Pitaloka, S. Pd.,
M. Pd.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Strategi Bauran Pemasaran, Pendapatan
Strategi pemasaran sangat diperlukan untuk mendukung kesuksesan
perusahaan. Pada pelayanan jasa, strategi bauran pemasaran yaitu produk
(product) , harga (price), tempat (place), promosi (promotion),orang (people),
penampilan fisik (phsycal evidence), proses (process) sangat umum digunakan.
Pada BRILink Omah Pojok ada beberapa hal pada strategi bauran pemasaran
belum dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
dan menganalisis strategi bauran pemasaran pada Agen BRILink Omah Pojok.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini dilakukan melalui key-person. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, peyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran pada
BRILink Omah Pojok memberikan pengaruh masing – masing dalam peningkatan
pendapatan. Terdapat juga beberapa aspek strategi bauran pemasaran yang belum
terlaksana dengan maksimal. Aspek yang belum maksimal yaitu pada aspek
promosi, harga, dan bukti atau penampilan fisik. Akan tetapi kekurangan dalam
beberapa aspek tersebut masih bisa teratasi dengan baik oleh agen BRILink Omah
Pojok.
Simpulan dari penelitian ini dalam strategi bauran pemasaran BRILink
Omah Pojok dalam peningkatan pendapatan adalah: 1) aspek produk, produk yang
ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen dan ada produk unggulan,
2) aspek harga, BRILink Omah Pojok menerapkan tarif administrasi bertingkat
sesuai dengan jumlah nominal transaksi, 3) aspek promosi, hanya menggunakan
media cetak dan lisan, 4) aspek tempat, BRILink Omah Pojok memiliki lokasi
strategis didukung dengan nyaman dan amannya tempat, 5) aspek sumber daya
manusia, Agen BRILink Omah Pojok memiliki kompetensi pada bidangnya, 6)
aspek proses, pelayanan yang diberikan cepat dan aman, 7) aspek bukti atau
penampilan fisik, Agen BRILink Omah Pojok berusaha menjaga penampilan yang
rapi serta bersih dan didukung dengan fasilitas yang lengkap
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain