Text
Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media TikTok Terhadap Kreativitas Siswa dan Keaktifan Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Semarang
SARI
Fauziyah, Nilna. 2024. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media
TikTok Terhadap Kreativitas dan Keaktifan Belajar Siswa di SMK Negeri 2
Semarang. Pembimbing: Kemal Budi Mulyono, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Kreativitas, Keaktifan Belajar, Project Based
Learning, TikTok.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran
project based learning terhadap kreativitas siswa dan keaktifan belajar siswa pada
siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2 Semarang. Project based learning
mencakup pengerjaan proyek yang akan diselesaikan siswa untuk mendorong
pembelajaran yang lebih spesifik untuk diselesaikan dan mengaitkan dengan
masalah yang ada di dunia nyata secara realistis.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi
experimental design dengan pola Nonequivalent Control Grup Design. Lokasi
penelitian di SMK Negeri 2 Semarang. Populasi penelitian ini sebanyak 108 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh yang mana semua
individu digunakan sebagai sampel dalam penelitian . Sampel penelitian ini
menggunakan 2 kelas yaitu kelas XI PM 1 dan XI PM 2 sebagai kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan menerapkan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian uji hipotesis menggunakan uji paired
sample t test, uji independent sample t test, dan uji N-Gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran project based
learning efektif berbantuan media TikTok terhadap kreativitas siswa dan keaktifan
belajar siswa mata pelajaran bisnis retail pada kelas XI Pemasaran SMK Negeri 2
Semarang. Rata-rata hasil tes akhir untuk kelas eksperimen pada variabel kreativitas
dan variabel keaktifan belajar siswa sebesar 80% termasuk dalam kategori kreatif
dan aktif. Hasil uji paired sample t-test kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 pada
variabel kreativitas dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) pada variabel keaktifan
belajar siswa, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata kreativitas
siswa dan keaktifan belajar siswa untuk pertemuan sebelum dan sesudah perlakuan.
Hasil uji independent sample t-test diperoleh Sig. > level of significant (0,05) untuk
variabel kreativitas sebesar 0,071 dan untuk variabel keaktifan sebesar 0,076 dapat
dijelaskan bahwa data post-test pada kedua kelas tidak memiliki perbedaan yang
signifikan. Hasil uji N-Gain diperoleh nilai untuk variabel kreativitas sebesar 0,62
> 0,30 dan 0,62 < 0,70 dan variabel keaktifan sebesar 0,64 > 0,30 dan 0,64 < 0,70
artinya tingkat keefektifan model pembelajaran yang diterapkan pada kelas
eksperimen untuk meningkatkan kreativitas siswa dan keaktifan belajar siswa
dalam kategori sedang
Saran dari penelitian ini, bagi guru mata pelajaran bisnis retail dan bagi
sekolah dapat mempertimbangkan media pembelajaran media aplikasi TikTok serta
mendukung fasilitas sarana prasarana untuk pembelajaran pemasaran yang
membutuhkan keterbaruan dan mengikuti trend sosial media masa kini, karena
media TikTok terbukti efektif terhadap kretaivitas dan keaktifan belajar siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain