Text
Pengaruh Self Concept, Lingkungan Keluarga, dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Melalui Self Efficacy Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Semarang
SARI
Damayanti, A. Y. M. A. 2024. “Pengaruh Self Concept, Lingkungan Keluarga,
dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja melalui Self Efficacy sebagai Variabel
Mediasi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri
Semarang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Pendidikan
Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang.
Pembimbing Rediana Setiyani, S. Pd., M.Si.
Kata Kunci: Self Concept, Lingkungan Keluarga, Soft Skill, Self Efficacy, dan
Kesiapan Kerja.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mengatasi permasalahan
pengangguran terbuka bisa dilakukan melalui pendidikan. Mahasiswa merupakan
salah satu input dari pendidikan tinggi yang memiliki tanggung jawab untuk
melanjutkan masa depan ke dunia kerja. Masa transisi mahasiswa dari perguruan
tinggi ke dunia kerja akan menjadi salah satu tantangan sehingga pandangan
mahasiswa terhadap dirinya sangat penting. Kesiapan kerja mahasiswa merupakan
kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk siap bekerja tanpa memerlukan
penyesuaian diri yang memakan waktu untuk menciptakan penambahan nilai suatu
sumber daya dengan hasil yang maksimal sesuai dengan target yang telah
ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh self concept,
lingkungan keluarga, dan soft skill terhadap kesiapan kerja baik secara langsung
maupun melalui self efficacy.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2019 Universitas
Negeri Semarang yang berjumlah 350 mahasiswa. Pemilihan sampel dilakukan
dengan teknik propotional random sampling. Berdasarkan populasi tersebut
diambil 187 mahasiswa sebagai sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel.
Hasil analisis deskriptif kesiapan kerja, self concept, dan lingkungan keluarga
termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan, soft skill dan self efficacy termasuk
dalam kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self concept,
lingkungan keluarga, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kesiapan kerja mahasiswa sedangkan soft skill berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Self concept, lingkungan keluarga,
dan soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap self efficacy. Self concept,
lingkungan keluarga, dan soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kesiapan kerja mahasiswa melalui self efficacy. Peran self efficacy sebagai variabel
mediasi bersifat partial mediation yang berarti mampu memediasi secara tidak
sempurna.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat sembilan hipotesis diterima dan
satu hipotesis ditiolak. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa perlu
meningkatkan pemahaman atas dirinya sendiri serta menjaga hubungan baik
dengan anggota keluarga
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain