Text
Kontribusi Perencanaan Karir, Promosi Sekolah dan Teman Sebaya terhadap Minat Siswa dalam Memilih Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang
SARI
Al-farizi, Helmi Zidan. 2023. “Kontribusi Perencanaan Karir, Promosi Sekolah dan
Teman Sebaya terhadap Minat Siswa dalam Memilih Jurusan Manajemen
Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang”. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing. Dr. Muhsin, M.Si.
Kata Kunci: Minat Memilih Jurusan, Perencanaan Karir, Promosi Sekolah, Teman
Sebaya.
Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis (MPLB) merupakan salah
satu jurusan di SMK yang memberikan bekal kepada siswa tentang pengetahuan,
keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Namun peminat
jurusan MPLB masih mengalami kenaikan dan penurunan, tidak terkecuali di SMK
Pelita Nusantara 1 Semarang yang mengalami penurunan peminat dari tahun ajaran
2020/2021 hingga tahun ajaran 2021/2022 sebesar 23%. Meskipun pada tahun
ajaran berikutnya jumlah siswa MPLB meningkat, namun jumlah tersebut belum
mencapai jumlah siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Kemudian jumlah siswa yang
diterima belum mencapai target yang ditentukan sekolah yaitu 90 siswa, dimana
pada tahun 2023/2024 jumlah siswa yang diterima berjumlah 76 siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII jurusan MPLB SMK Pelita
Nusantara 1 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 191 siswa. Jumlah
sampel pada penelitian ini berjumlah 130 responden. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan pada penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik
proportionate stratified random sampling.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh secara simultan antara variabel perencanaan karir, promosi
sekolah, dan teman sebaya dengan variabel minat memilih jurusan sebesar 55,4%.
Variabel perencanaan karir berpengaruh terhadap variabel minat memilih jurusan
sebesar 11,62%, variabel promosi sekolah berpengaruh terhadap variabel minat
memilih jurusan sebesar 19,53%, dan variabel teman sebaya berpengaruh terhadap
variabel minat memilih jurusan sebesar 10,56%.
Simpulan dalam penelitian ini yaitu minat siswa dalam memilih jurusan
MPLB di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang dapat ditingkatkan dengan
meningkatkan pemahaman perencanaan karir, promosi sekolah, dan pengaruh dari
teman sebaya. Saran yang dapat diberikan yaitu, 1) Sebelum memilih jurusan siswa
perlu mempunyai pemahaman terkait karir yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
2) Meningkatkan strategi promosi sekolah baik secara langsung maupun melalui
media internet. 3) Siswa perlu berkumpul dengan teman sebayanya baik untuk
bermain atau belajar, karena pada saat itu lah pertukaran informasi mengenai
jurusan dan sekolah yang akan dituju terjadi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain