Text
Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi
SARI
Ayiyah, Nur. 2024. “Pengaruh Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth
(E-WOM) terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online dengan Brand Image
sebagai Variabel Mediasi”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas
Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Prof. Dr.
Amir Mahmud, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Perilaku Pembelian Impulsif Online, Promosi Penjualan,
Electronic Word of Mouth (E-WOM), Brand Image.
Perkembangan teknologi telah merubah pola perilaku seseorang termasuk
dalam kegiatan berbelanja. Munculnya e-commerce merubah kegiatan belanja dari
offline menjadi online yang menawarkan berbagai produk dengan kemudahan dan
waktu yang efisien. Kemudahan yang ditawarkan dapat menimbulkan keinginan
untuk memiliki produk secara tiba-tiba tanpa memikirkan manfaat dari produk
tersebut sehingga terjadi perilaku pembelian impulsif. Tujuan penelitian ini untuk
menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung dari promosi
penjualan dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap perilaku pembelian
impulsif online dengan brand image sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian
yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan
2021 yang sering melakukan pembelian secara online dengan jumlah 333
mahasiswa. Pengambilan sampel mengunakan tenik proporsional random
sampling dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 182 dengan alat analisis SmartPLS versi 4.0.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel perilaku pembelian
impulsif online dan promosi penjualan termasuk dalam kategoti cukup tinggi.
Variabel Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan brand image termasuk dalam
kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara promosi penjualan dan perilaku pembelian impulsif online.
Variabel Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan brand image tidak
berpengaruh terhadap perilaku pembelian impulsif online. Promosi penjualan dan
Electronic Word of Mouth (E-WOM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
brand image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh antara
promosi penjualan dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap perilaku
pembelian impulsif online melalui brand image.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
langsung promosi penjualan terhadap perilaku pembelian impulsif online, adanya
pengaruh langsung promosi penjualan dan Electronic Word of Mouth (E-WOM)
terhadap brand image. Namun hasil penelitian menunjukkan tidak adanya
pengaruh langsung Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan brand image
terhadap perilaku pembelian impulsif online. Saran untuk mahasiswa yaitu dapat
menentukan skala prioritas antara kebutuhan dan keinginan, serta tidak tergesa-
gesa dalam mengambil keputusan. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan
variabel lain yang memengaruhi perilaku pembelian impulsif online
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain