Text
Pengaruh Stres Akademik, Fear Of Failure, dan Self-Esteem terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dengan Self Control sebagai Variabel Moderasi
SARI
Fiqri, M. Nailul 2024. “Pengaruh Stres Akademik, Fear Of Failure, dan Self-
Esteem terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa dengan Self Control sebagai
Variabel Moderasi”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomika
dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang
Pembimbing: Ratieh Widhiastuti, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Prokrastinasi Akademik, Stres Akademik, Fear of Failure, Self
Esteem, Self Control
Prokrastinasi akademik yaitu suatu kecenderungan sikap untuk menunda-
nunda menuntaskan tugas sehingga menyebabkan tugas tidak dapat diselesaikan
tepat waktu. Prokrastinasi terjadi ketika individu tidak memiliki kemampuan dalam
manajemen waktu sehingga tidak dapat mengendalikan waktu dengan baik dan
pada akhirnya mengakibatkan tertundanya pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh stres akademik, fear of failure, dan self esteem terhadap
prokrastinasi akademik mahasiswa dan untuk menguji variabel self control sebagai
variabel moderasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi
penelitian berjumlah 514 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi,
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Semarang pada Angkatan 2021,
2022 dan 2023. Pengambilan sampel didasarkan pada rumus Slovin sebanyak 225
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proporsional
Random Sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket kuisioner
dengan skala likert dan dibagikan secara daring melalui Google Form. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur
menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan metode alternatif
Partial Least Square (PLS) WrapPLS versi 7.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres akademik berpengaruh positif
terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Fear of failure berpengaruh positif
terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Self esteem tidak berpengaruh
terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Self control mampu memperlemah
pengaruh stres akademik terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Self control
tidak dapat memperlemah pengaruh fear of failure terhadap prokrastinasi akademik
mahasiswa. Self control tidak dapat memperkuat pengaruh self esteem terhadap
prokrastinasi akademik mahasiswa.
Self control atau tingkat kemampuan mengendalikan diri berperan penting
dalam mengurangi kecenderungan prokrastinasi. Mahasiswa dengan tingkat self-
control yang tinggi cenderung lebih mampu mengatasi godaan untuk menunda
pekerjaan dan lebih fokus pada pencapaian tujuan akademiknya. Penelitian
selanjutnya dapat menggunakan variabel yang berasal dari luar (ekternal) seperti
dukungan sosial, kondisi keluarga dan gaya pengasuhan orang tua, circle
pertemanan ataupun melihat perkembangan teknologi sekarang dengan adanya
trend social media dan game online yang dapat memicu prokrastinasi
akademik mahasiswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain