Text
Pengaruh perceived risk dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian online e-commerce shopee dengan customer trust sebagai variabel intervening
ABSTRAK
Pandu Satrio Wibowo. 2023. “Pengaruh perceived risk dan electronic word of
mouth terhadap keputusan pembelian online e-commerce shopee dengan customer
trust sebagai variabel intervening”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas
Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Endah Prapti
Lestari, S.E., M.M
Kata kunci: Customer Trust, e-wom, Keputusan Pembelian, Perceived Risk
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh perceived risk dan
electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian online e-commerce
shopee: customer trust sebagai variabel intervening.
Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif Kota Semarang dengan
sampel penelitian sebanyak 116 responden. Metode penentuan sampel pada
penelitian ini menggunakan purposive random sampling dengan ketentuan
responden merupakan mahasiswa aktif di Kota Semarang dan pernah melakukan
pembelian melalui Shopee dalam waktu 3 bulan terakhir.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial perceived risk tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian online. E-wom dan customer trust
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online
mahasiswa di Kota Semarang. Customer trust dapat memediasi pengaruh antara
perceived risk dan e-wom dengan keputusan pembelian online mahasiswa di Kota
Semarang
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain