Text
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Program Keahlian MPLB SMK Negeri 2 Semarang
SARI
Safitri, Desy Ayu. 2024. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila di Program Keahlian MPLB SMK Negeri 2 Semarang”. Skripsi.
Program Sutdi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomika dan
Bisnis. Universitas Negeri Semarang.
Pembimbing: Dr. Nina Oktarina, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMK
Negeri 2 Semarang
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan hal baru dalam dunia
pendidikan. Pembelajaran ini termasuk dalam pembelajaran berbasis proyek yang
berbeda dengan proyek biasanya. Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk
menguatkan karakter peserta didik sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila.
Salah satu sekolah yang sudah menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila adalah SMK Negeri 2 Semarang dengan mengambil tema Bangunlah
Jiwa dan Raganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Program Keahlian MPLB SMK
Negeri 2 Semarang mulai dari perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi yang
dilakukan sekolah dalam pembelajaran berbasis proyek ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif
deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 informan yang terdiri dari
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ketua Kompetensi Keahlian (K3)
MPLB, guru pengampu P5 (Fasilitator), peserta didik kelas XI MPLB, peserta didik
kelas XI MPLB yang merupakan anggota OSIS. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis
data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 2 Semarang sudah
melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan modul
panduan pengembangan P5 dari Kemendikbudristek. Perencanaan proyek
penguatan profil pelajar Pancasila di SMK Negeri 2 Semarang melalui beberapa
tahap yaitu membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan
pendidikan, merumuskan dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul
proyek, merancang strategi pelaporan hasil proyek. Pelaksanaan proyek penguatan
profil pelajar Panasila di SMK Negeri 2 Semarang menggunakan sintaks yaitu
mengawali kegiatan P5, mengoptimalkan pelaksanaan P5, menutup rangkaian
kegiatan P5, mengoptimalkan keterlibatan mitra P5. Evaluasi proyek penguatan
profil pelajar Pancasila di SMK Negeri 2 Semarang yaitu menggunakan alat dan
metode evaluasi berbentuk refleksi di awal, tengah dan akhir pelaksanaan P5
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain