Text
Pengaruh Prestasi Akademik, Penguasaan Teknologi Informasi, dan Kecenderungan dalam Mengambil Risiko melalui Self Efficacy terhadap Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Menjadi Guru Di Era Society 5.0
ABSTRAK
Sandrika, Elvira Yoshi. 2023. “Pengaruh Prestasi Akademik, Penguasaan
Teknologi Informasi, dan Kecenderungan dalam Mengambil Risiko terhadap
Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Di Era Society 5.0 dengan Self Efficacy
sebagai Variabel Intervening”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas
Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang.
Pembimbing : Ida Nur Aeni, S.E., M.Sc
Kata Kunci : Kesiapan Menjadi Guru, Era Society 5.0, Self Efficacy, Prestasi
Akademik, Penguasaan Teknologi Informasi, Kecenderungan Mengambil
Risiko.
Seiring dengan kemunculan era society 5.0 calon guru diharuskan
memiliki empat kompetensi tambahan (komunikasi, kepemimpinan dan ketahanan
diri, keingintahuan yang tinggi, serta keterampilan membaca dan memahami),
sehingga diperlukan peranan lembaga pendidikan yang mampu meningkatkan
kesiapan calon guru dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap mengajar
yang dibutuhkan di era saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan
menganalisis pengaruh prestasi akademik, penguasaan teknologi informasi, dan
kecenderungan dalam mengambil risiko melalui self efficacy terhadap kesiapan
mahasiswa pendidikan ekonomi menjadi guru di era society 5.0.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif menggunakan sumber data
primer. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh mahasiswa aktif Jurusan
Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri
Semarang angkatan 2019. Jumlah sampel sebanyak 147 mahasiswa. Teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling melalui
proportionate random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui program SmartPLS 4.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan teknologi informasi,
kecenderungan dalam mengambil risiko, dan self efficacy berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kesiapan mahasiswa mahasiswa menjadi guru di era society
5.0, sedangkan prestasi akademik tidak berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa
menjadi guru di era society 5.0. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa self
efficacy mampu memediasi pengaruh penguasaan teknologi informasi dan
kecenderungan dalam mengambil risiko terhadap kesiapan mahasiswa menjadi
guru di era society 5.0, sedangkan self efficacy tidak mampu memediasi pengaruh
prestasi akademik terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru di era society 5.0.
Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan
dari penguasaan teknologi informasi dan kecenderungan dalam mengambil risiko
terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru di era society 5.0 serta pengaruh
mediasi dari variabel self efficacy. Mahasiswa disarankan lebih memperhatikan
penguasaan teknologi informasi dan pengembangan kecenderungannya dalam
mengambil risiko. Bagi peneliti selanjutnya dapat memperluas ruang lingkup
penelitian dan mengembangkan model penelitian ini dengan mengkaji faktor-
faktor lainnya yang belum diteliti
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain