Text
Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Regulasi Diri, dan Kecerdasan Emosional terhadap Keterampilan Kolaborasi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Mediasi
SARI
Prasetyo, Anggit. 2023. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Regulasi Diri, dan
Kecerdasan Emosional terhadap Keterampilan Kolaborasi dengan Kepercayaan
Diri sebagai Variabel Mediasi”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas
Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Tusyanah,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Komunikasi Interpersonal, Regulasi
Diri, Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri
Keterampilan kolaborasi merupakan suatu interaksi antar siswa yang
bekerjasama dalam pemecahan suatu masalah dengan tanggung jawab setiap
anggota kelompok melakukan komunikasi atau kompromi dalam kelompok untuk
memecahkan masalah sebagai kepentingan bersama kelompok. Berdasarkan hasil
observasi awal menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa masih rendah.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal,
regulasi diri, dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan kolaborasi dengan
kepercayaan diri sebagai variabel mediasi.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan
MPLB SMK Teuku Umar dan SMK Pelita Nusantara yang berjumlah 118 siswa.
penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan sampel jenuh
sehingga semua populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis statistik inferensial
menggunakan SEM-PLS.
Hasil penelitian menunjukkan (1) komunikasi interpersonal berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keterampilan kolaborasi sebesar 29%; (2) regulasi
diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan kolaborasi sebesar
23,2%; (3) kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap
keterampilan kolaborasi sebesar 4,8%; (4) komunikasi interpersonal berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri sebesar 55,6%; (5) regulasi diri
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri sebesar 46,9%; (6)
kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap
kepercayaan diri sebesar 1,8%; (7) kepercayaan diri berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keterampilan kolaborasi sebesar 54,4%; (8) komunikasi
interpersonal berpengaruh positif dan signifikan melalui kepercayaan diri terhadap
keterampilan kolaborasi sebesar 30,3%; (9) regulasi diri berpengaruh positif dan
signifikan melalui kepercayaan diri terhadap keterampilan kolaborasi sebesar
25,5% dan (10) kecerdasan emosional berpengaruh negatif dan tidak signifikan
melalui kepercayaan diri terhadap keterampilan kolaborasi sebesar 1%.
Simpulan dalam penelitian ini yaitu ada 7 hipotesis diterima dan 3 hipotesis
ditolak. Saran dari peneliti yaitu siswa hendaknya bisa meningkatkan komunikasi
interpersonal, regulasi diri, kecerdasan emosional, kepercayaan diri serta
menanamkan diri bahwa keterampilan kolaborasi adalah keterampilan yang
diperlukan di masa yang akan datang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain