Text
Pengaruh Penggunaan E-wallet, Media Sosial, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang
SARI
Muna, Kun Afifatul. 2023. “Pengaruh Penggunaan E-wallet, Media Sosial, dan
Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa
Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing : Ahmad Jaenudin, S.Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, E-wallet, Media Sosial, Lingkungan Teman
Sebaya.
Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku yang ditandai adanya
tindakan seseorang dalam membeli sebuah produk hanya untuk memuaskan
keinginan dan gaya hidup tanpa adanya pertimbangan manfaat dan kebutuhan
mereka. Pemanfaatan teknologi yang canggih dapat memudahkan seseorang
dalam berbelanja, termasuk mahasiswa yang sebagian besar sudah melek
teknologi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh penggunaan e-
wallet, media sosial, dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
kausalitas. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Semarang Angkatan 2021 dan 2022 sebanyak 828 mahasiswa.
Sampel yang digunakan sebanyak 270 dengan teknik proportional random
sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner
yang disebar secara online dengan alat bantu google form. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis statistik deskriptif
dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic 23. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penggunaan e-wallet berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Media sosial berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Lingkungan
teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penggunaan
e-wallet, media sosial, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan
signifikan secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah dari empat hipotesis yang diajukan
semua hipotesis diterima. Adanya kemajuan teknologi internet membuat
mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang cenderung
konsumtif dalam menggunakan uang mereka. Faktor lain yang mempengaruhi
perilaku konsumtif yaitu lingkungan teman sebaya di perkuliahan. Saran dari
peneliti melalui penelitian ini yaitu mahasiswa diharapkan dapat menekan
tumbuhnya perilaku konsumtif dengan menerapkan pengetahuan terkait dengan
ilmu ekonomi, membuat skala prioritas, membuat catatan pemasukan dan
pengeluaran pribadi, mengontrol pembelian dengan anggaran yang tersedia,
memaksimalkan fitur pada e-wallet dan media sosial serta berinteraksi dengan
lingkungan di perkuliahan yang membawa pengaruh positif.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain