Text
Pengaruh Media Sosial, Konformitas, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019
SARI
Ningtiyas, Cindy Asri. 2024. “Pengaruh Media Sosial, Konformitas, Dan Gaya
Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel
Moderasi pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Jurusan Pendidikan
Ekonomi Angkatan 2019’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang.
Pembimbing : Dr. Lyna Latifah, S.Pd., S.E., M.Si.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Media Sosial, Konformitas, Gaya Hidup,
Literasi Keuangan.
Kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari kegiatan konsumsi., namun
adanya keterbatasan sumber daya membuat tidak semua kebutuhan terpenuhi,
sehingga tidak ada kepuasan dari dalam diri manusia. Zaman yang semakin
berkembang teknologi yang semakin modern dan kehidupan manusia yang semakin
dinamis, sangat memengaruhi masyarakat berperilaku konsumtif. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh media sosial,
konformitas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan literasi keuangan
sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang jurusan
Pendidikan Ekonomi angkatan 2019.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian
ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomika
dan Bisnis Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 berjumlah 215, dengan
jumlah sampel sebanyak 140 responden yang diambil menggunakan teknik
proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner
yang dibagikan secara online. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu Analisis
Statistik Deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan uji selisih
mutlak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumtif mahasiswa
Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019 termasuk dalam
kategori tinggi. Penggunaan media sosial, konformitas dan gaya hidup mereka juga
termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu literasi keuangan mahasiswa Pendidikan
Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2019 termasuk dalam kategori
sangat tinggi. Hasil penelitian juga menunjukan media sosial, konformitas, dan
gaya hidup terbukti berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif
mahasiswa. Namun, literasi keuangan tidak mampu memoderasi pengaruh media
sosial, konformitas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif.
Kesimpulan penelitian ini menunjukan penggunaan media sosial,
konformitas dan gaya hidup mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri
Semarang angkatan 2019 tinggi sehingga mereka berperilaku konsumtif meskipun
literasi keuangan yang mereka miliki sangat tinggi. Media sosial, konformitas dan
gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan
tidak mampu memoderasi pengaruh media sosial, konformitas, dan gaya hidup
terhadap perilaku konsumtif. Saran dari peneliti melalui penelitian ini diharapkan
mahasiswa hidup sesuai kebutuhan sehingga terhindar dari perilaku konsumtif.
Saran untuk penelitian selanjutnya yang menggunakan topik serupa dapat
menggunakan variabel moderasi literasi keuangan dengan menggunakan teknik
analisis yang berbeda seperti menggunakan uji Moderated Reggresion Analysis
melalui uji interaksi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain