Text
Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan e-Service Quality terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Permohonan Surat MyUNNES-Student
ABSTRAK
Maharani, Alma Sabrina. 2023. “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived
Ease of Use, dan e-Service Quality terhadap Kepuasan Pengguna Layanan
Permohonan Surat MyUNNES-Student”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi.
Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Pembimbing: Fahrur Rozi, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Perceived Usefulness, Perceived Ease of
Use, e-Service Quality
Universitas Negeri Semarang yang berwawasan konservasi memiliki
MyUNNES-Student sebagai sistem informasi yang dapat membantu mahasiswa
untuk melakukan pemesanan surat. Namun kenyataannya mahasiswa merasa tidak
puas akan hadirnya sistem informasi ini. Berdasarkan angket awal, terdapat
34,33% mahasiswa merasa tidak puas akan layanan permohoan surat MyUNNES-
Student. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh
secara simultan dan parsial perceived usefulness, perceived ease of use, dan e-
service quality terhadap kepuasan pengguna layanan permohonan surat
MyUNNES-Student jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 356 mahasiswa
jurusan Pendidikan Ekonomi tahun Angkatan 2019-2021 yang pernah
menggunakan layanan permohonan surat MyUNNES-Student. Sampel yang
dibutuhkan yaitu sebanyak 188 responden. Metode pengambilan sampel
menggunakan probability proportional random sampling, menggunakan metode
pengumpulan data dengan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis
regresi berganda dan analisis deskriptif.
Berdasarkan analisis regresi berganda menunjukkan persamaan yaitu Y =
1,608 + 0,316X1 + 0,141X2 + 0,399X3 + e. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan nilai kontribusi variabel perceived usefulness terhadap kepuasan
pengguna sebesar 11,35%. Nilai kontribusi variabel perceived ease of use
terhadap kepuasan pengguna sebesar 2,92%. Nilai kontribusi variabel e-service
quality terhadap kepuasan pengguna sebesar 18,57%.
Simpulan dari penelitian ini yaitu seluruh variabel independen yang terdiri
dari perceived usefulness, perceived ease of use, dan e-service quality
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu
kepuasan pengguna. Saran yang diberikan dari penelitian ini yaitu UPT TIK
hendaknya memperbaiki sistem agar lebih responsif. UPT TIK dapat
mengintegrasikan seluruh langkah permohonan hingga unduh surat. Surat
hendaknya dikirimkan secara pribadi kepada pengguna. Bagi peneliti selanjutnya
dapat mencakup seluruh mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan
menambahkan variabel lain yang berkaitan dengan pengaruh kepuasan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain