Text
Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Penentu Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis
SARI
Novelia, Windi Ivariana, 2023. Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Penentu
Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas
Negeri Semarang. Pembimbing: Kemal Budi Mulyono, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Intensi Kewirausahaan, Efikasi Diri, Perceived Desirability,
Perceived Feasibility, Propensity to Act.
Wirausaha merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan agar
Indonesia dikatakan sebagai negara makmur. Salah satunya dengan memberikan
bekal kewirausahaan pada jenjang perguruan tinggi. Mahasiswa Fakultas
Ekonomika dan Bisnis sebagai garda terdepan membawa pengaruh besar dalam
membangun intensi kewirausahaan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dalam memediasi perceived
desirability, perceived feasibility, dan propensity to act sebagai penentu intensi
kewirausahaan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomika dan
Bisnis angkatan 2020-2021 yang berjumlah 2.689 mahasiswa. Teknik penentuan
jumlah sampel didasarkan pada inverse square root method oleh Kock tahun 2018
dengan tingkat kesalahan 5% atau 0,05. Sampel penelitian ini sejumlah 160
sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau penyebaran
angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif,
Structural Equation Modelling (SEM)- Partial Least Square (PLS) dengan
menggunakan program WarpPLS.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel intensi kewirausahaan
dalam kategori tinggi, perceived desirability masuk kategori tinggi, perceived
feasibility masuk kategori tinggi, propensity to act masuk dalam kategori tinggi,
dan efikasi diri masuk kategori tinggi. Hasil analisis penelitian menggunakan
metode SEM-PLS dengan program WarpPLS menunjukkan perceived
desirability, perceived feasibility, propensity to act, dan efikasi diriberpengaruh
positif dan signifikan terhadap intensi kewirausahaan. Perceived feasibility dan
propensity to act berpengaruh positif dan signifikan terhadap efikasi diri. Efikasi
diri mampu memediasi pengaruh perceived feasibility dan propensity to act
terhadap intensi kewirausahaan. Namun, pada variabel perceived desirability
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap efikasi diri, dan efikasi diri tidak
mampu memediasi penuh pengaruh perceived desirability terhadap intensi
kewirausahaan. Hal ini dikarenakan mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis
memiliki potensi dalam berwirausaha dan memiliki keinginan untuk membuka
usaha, namun masih belum memiliki rasa percaya diri yang kuat untuk memulai
berwirausaha.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perceived desirability memiliki pengaruh
paling besar terhadap intensi kewirausahaan, perceived feasibility memiliki
pengaruh paling besar terhadap efikasi diri, serta efikasi diri memberikan
kontribusi paling besardalam memediasiperceived feasibility terhadap intensi
kewirausahaan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dapat
meningkatkan rasa percaya diri untuk mengikuti program atau kegiatan
kewirausahaan baik di lingkungan fakultas, universitas, maupun pihak luar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain