Text
Pengaruh Perceived Product Qualitu dan Perceived Reputation pada Repurchase Intention melalui Trust sebagai Variabel Mediasi (Studi pasa Konsumen Mizone di Kota Semarang)
ABSTRAK
Indah Angkasawati. 2023. Pengaruh Perceived Product Qualitu dan Perceived
Reputation pada Repurchase Intention melalui Trust sebagai Variabel Mediasi
(Studi pasa Konsumen Mizone di Kota Semarang). Skripsi, Jurusan Manajemen,
Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Bayu
Wiratama, S.E., M.M.
Kata Kunci : Perceived Product Quality, Perceived Reputation, Trust,
Repurchase Intention
Repurchase intention merupakan keinginan pelanggan untuk membeli
kembali barang atau jasa yang telah mereka gunakan sebelumnya, di mana
pengalaman pelanggan mempunyai pengaruh besar terhadap penyebabnya. Hal ini
disebabkan oleh fakta bahwa pengalamaan yang baik berdampak positif pada
repurchase intention. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
repurchase intention, yaitu : perceived product quality, perceived reputation, dan
trust. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perceived product quality
dan perceived reputation pada repurchase intention dengan trust sebagai variabel
mediasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mizone di Kota Semarang.
Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden konsumen Mizone.
Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model
(SEM) yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3.0.
Hasil penelitian pada hubungan langsung menunjukkan bahwa perceived
product quality berpengaruh positif dan signifikan pada repurchase intention.
Sedangkan perceived reputation tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan
pada repurchase intention. Pada hubungan tidak langsung, trust terbukti dapat
memediasi pengaruh perceived product quality dan perceived reputation pada
repurchase intention.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perceived product quality dan trust
memiliki pengaruh positif dan signifikan pada repurchase intention. Sedangkan,
perceived reputation tidak memiliki pengaruh positif signifikan pada repurchase
intention. Untuk pengaruh tidak langsung, trust terbukti dapat memediasi pengaruh
perceived product quality dan perceived reputation pada repurchase intention
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain