Text
Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Studi Pada Pengguna Skincare Ms Glow di Kota Semarang)
SARI
Wulandari, Septi. 2023. “Pengaruh Social Media Marketing dan Brand
Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Studi Pada
Pengguna Skincare Ms Glow di Kota Semarang)”. Skripsi. Jurusan Manajemen.
Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Angga Pandu
Wijaya, S.E., M.Sc.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Brand Equity, Social Media Marketing,
Brand Ambassador
Pesatnya pertumbuhan tren perawatan kulit akhir-akhir ini berdampak
drastis pada industri skincare. Hal ini mengakibatkan kenaikan jumlah pengguna
skincare setiap tahunnya. Terdapat banyak merek skincare yang berkembang dan
beredar di Indonesia, diantaranya adalah Ms Glow. Berdasarkan hasil survey, Ms
Glow memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak dan mampu bersaing dengan
skincare lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social media
marketing dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian melalui brand
equity (studi pada pengguna skincare Ms Glow di Kota Semarang).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan sumber data
primer. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh Masyarakat yang
menggunakan skincare Ms Glow di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan teknik non probability sampling melalui purposive sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online
kepada 100 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis
statistik deskriptif dan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis
Partial Least Square (PLS) pada SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand ambassador
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand equity
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Social media
marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Brand
ambassador berperpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Brand
equity tidak memediasi social media marketing terhadap keputusan pembelian.
Brand equity tidak memediasi brand ambassador terhadap keputusan pembelian.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain