Text
Pengaruh Motivasi Kerja, Soft skill, dan Praktik Kerja Industri dengan Minat Kerja sebagai Variabel Mediasi terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Swasta Kota Semarang
SARI
Khairunnisa, Salsabila Rifa. 2023. “Pengaruh Motivasi Kerja, Soft skill, dan
Praktik Kerja Industri dengan Minat Kerja sebagai Variabel Mediasi terhadap
Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
SMK Swasta Kota Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing:
Tusyanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kesiapan Kerja, Motivasi Kerja, Soft skill, Praktik Kerja
Industri, dan Minat Kerja
Kesiapan kerja berguna bagi siswa SMK dalam menghadapi dunia kerja
yang sesungguhnya dan secara profesional. Namun, hasil studi pendahuluan
sebesar 57,73% kesiapan kerja siswa belum baik. Tujuan dari penelitian ini untuk
menganalisis pengaruh motivasi kerja, soft skill, dan praktik kerja industri
terhadap kesiapan kerja siswa dengan minat kerja sebagai variabel mediasi.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menyebar kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM-PLS.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Pelita Nusantara 1 dan
SMK Teuku Umar Semarang sebanyak 115 siswa. Teknik pengambilan sample
menggunakan teknik non-probability sampling dengan sampel jenuh. Maka,
semua populasi dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sepuluh (10) hipotesis yang
diajukan, terdapat delapan (8) hipotesis yang diterima dan dua (2) hipotesis yang
ditolak. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja
sebesar 21,3%, soft skill berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kesiapan kerja sebesar 15,8%, praktik kerja industri berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 18,6%. Minat kerja berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 41,1%. Motivasi kerja berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat kerja sebesar 67,3%, soft skill berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat kerja sebesar 38,4%, sedangkan praktik kerja
industri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat kerja sebesar
19,1%. Motivasi kerja yang dimediasi oleh minat kerja berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 51,9%. Soft skill yang dimediasi oleh
minat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar
21,4%. Sedangkan praktik kerja industri yang dimediasi oleh minat kerja
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 7,6%.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat delapan (8) hipotesis diterima
dan dua (2) hipotesis ditolak. Saran yang diberikan yaitu siswa untuk
memperhatikan lagi manajemen waktunya agar mendapatkan istirahat yang
cukup, sehingga dapat beristirahat dengan cukup dan mampu meningkatkan
produktivitas. Sedangkan untuk sekolah, diharapkan mampu meningkatkan faktor
minat dan kesiapan kerja pada siswa. Kemudian untuk peneliti selanjutnya,
diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain seperti bimbingan karir
yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain