Text
Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online pada Aplikasi E-Commerce dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening
v
ABSTRAK
Lestari, Anggita Puja. 2023. “Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word of
Mouth, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Online pada
Aplikasi E-Commerce dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening”. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Negeri
Semarang. Pembimbing. Dr. Lyna Latifah, S.Pd, S.E, M.Si.
Kata Kunci: Perilaku Pembelian Impulsif, Promosi Penjualan, Electronic
Word of Mouth, Literasi Ekonomi, Emosi Positif.
Perilaku pembelian impulsif menjadi masalah yang menarik dalam
kalangan mahasiswa. Berdasarkan observasi awal sebagian besar mahasiswa masih
kerap melakukan perilaku pembelian impulsif. Perilaku pembelian impulsif
merupakan perilaku berbelanja yang berupa pembelian spontan dan segera serta
dilakukan tanpa perencanaan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
dan menganalisis pengaruh promosi penjualan, electronic word of mouth, dan
literasi ekonomi terhadap pembelian impulsif online pada aplikasi e-commerce
dengan emosi positif sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data
primer. Populasi dalam penelitian adalah 381 mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2020. Jumlah sampel sebanyak 196
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling
melalui proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner online. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) PLS.
Hasil analisis statisik deskriptif memperoleh hasil bahwa literasi ekonomi
termasuk kategori sangat tinggi. Perilaku pembelian impulsif, promosi penjualan,
electronic word of mouth, dan emosi positif termasuk dalam kategori tinggi.
Penelitian ini terdapat sepuluh hipotesis, tujuh diterima, dan tiga ditolak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan electronic word of mouth
memiliki pengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif. Literasi ekonomi
tidak memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku pembelian impulsif. Emosi
positif sebagai variabel intervening dapat memengaruhi hubungan promosi
penjualan, electronic word of mouth, dan literasi ekonomi terhadap perilaku
pembelian impulsif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel promosi penjualan,
electronic word of mouth, dan emosi positif berpengaruh terhadap perilaku
pembelian impulsif online. Literasi ekonomi tidak berpengaruh terhadap perilaku
pembelian impulsif online. Emosi positif sebagai variabel intervening dapat
memediasi pengaruh promosi penjualan, electronic word of mouth, dan literasi
ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif online pada aplikasi e-commerce.
Saran yang dapat diberikan yaitu mahasiswa sebaiknya membuat rencana
pembelian sebelum berbelanja berdasarkan berbagai pertimbangan seperti manfaat
dan kebutuhan. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan literasi ekonomi yang
telah dipelajari dalam mengambil keputusan ekonomi sehari-hari. Penelitian
selanjutnya diharapkan untuk dapat menambah variabel independen di luar variabel
yang digunakan pada penelitian ini, agar faktor-faktor yang memengaruhi perilaku
pembelian impulsif online dapat diketahui lebih luas lagi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain