Text
Pengaruh Profesi, Kesejahteraan dan Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan Terhadap Minat Menjadi Guru Dimoderasi Lingkungan Keluarga
ABSTRAK
Maryati, Sri. 2023. “Pengaruh Profesi, Kesejahteraan dan Praktik Pengenalan
Lapangan Persekolahan Terhadap Minat Menjadi Guru Dimoderasi Lingkungan
Keluarga”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Saringatun Mudrikah, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Minat Menjadi Guru, Profesi, Kesejahteraan, Praktik Pengenalan
Lapangan Persekolahan, Lingkungan Keluarga.
Minat menjadi guru, keinginan seseorang terhadap profesi guru yang
ditunjukkan dengan adanya rasa senang dan perhatian yang lebih terhadap
profesinya. Kemendikbud, mengeluarkan data bahwa lulusan terbanyak di
Indonesia berasal dari jurusan Pendidikan yaitu sebesar 335.190 orang.
Kemendikbud menyatakan kebutuhan guru mencapai sekitar 1,2 juta setiap
tahunnya. Hal ini menunjukkan peluang untuk menjadi guru cukup besar.
Kemendikbud memprediksi adanya kekurangan tenaga pendidik di tahun 2024,
yang membutuhkan perhatian khusus dalam mengatasi potensi krisis ini. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profesi, kesejahteraan, dan
Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap minat menjadi guru
dimoderasi lingkungan keluarga.
Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES
Angkatan 2019 sebanyak 115 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah sampling jenuh dan jumlah sampel sebanyak 115 mahasiswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dilakukan
dengan analisis statistik deskriptif dan moderated regression analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesi tidak berpengaruh terhadap
minat menjadi guru, kesejahteraan berpengaruh negatif terhadap minat menjadi
guru, dan Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan berpengaruh positif terhadap
minat menjadi guru. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa lingkungan keluarga
mampu memoderasi pengaruh profesi dan kesejahteraan terhadap minat menjadi
guru. Namun, penelitian ini tidak dapat memoderasi pengaruh Praktik Pengenalan
Lapangan Persekolahan terhadap minat menjadi guru.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa profesi tidak
berpengaruh terhadap minat menjadi guru, kesejahteraan berpengaruh negatif
terhadap minat menjadi guru, Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan
berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru, lingkungan keluarga memoderasi
profesi dan kesejahteraan terhadap minat menjadi guru, dan lingkungan keluarga
tidak memoderasi pengaruh Praktik Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap
minat menjadi guru. Saran dari penelitian ini bagi pemerintah melakukan upaya
untuk meningkatkan kesejahteraan guru, baik dari segi gaji, tunjangan, maupun
jaminan sosial. Mahasiswa dapat mengembangkan minat dan kemampuan dengan
mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan seperti seminar atau
workshop kurikulum, pelatihan pembelajaran kreatif dan inovatif, dan bergabung
dengan komunitas pendidikan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain