Text
Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Kreativitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada usaha kedai kopi di Kota Semarang
SARI
Barani, Ghealisa Gustya,2023 “ Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi
Pasar dan Kreativitas Produk Terhadap Kinerja Pemasaran pada usaha kedai kopi
di Kota Semarang”Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi,Fakultas Ekonomika dan
Bisnis. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Joko Widodo,M.Pd.
Kata Kunci : Orientasi kewirausahaan,Orientasi Pasar, Kreativitas Produk, dan
Kinerja Pemasaran.
Kinerja Pemasaran adalah faktor yang digunakan untuk mengukur dampak
strategi ,Setiap perusahaan berkepentingan untuk mengetahui kinerja pasar
produknya, yang mencerminkan keberhasilan perusahaannya dalam persaingan
dunia bisnis.
Strategi perusahaan selalu bertujuan untuk mencapai hasil yang baik dari
segi pemasaran dan efisiensi keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh orientasi kewirausahaan,orientasi pasar dan kreativitas produk terhadap
kinerja pemasaran pada kedai kopi di Kota Semarang.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif,
dengan pendekatan desain kausalitas, populasi pegawai kedai kopi di Kota
Semarang dengan 163 kedai kopi, jumlah sampel sebanyak 96 kedai kopi. Teknik
sampling pada pebelitian ini menggunakan nonprobability rumus Lemeshow.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tujuan untuk
mengumpulkan informasi dengan hasil kuesioner.
Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa orientasi kewirausahaan
sebesar 49,73 termasuk dalam kategori cukup tinggi, orientasi pasar sebesar 50,57
termasuk dalam kategori tinggi, dan kreativitas produk sebesar 55,36 termasuk
dalam kategori tinggi. Dalam penelitian menunjukan bahwa orientasi
kewirausahaan nilai sig 0,000
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain