Text
Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Penggunaan melalui Kepercayaan sebagai variabel mediasi (Pada Pengguna LinkAja di Kota Semarang)
ABSTRAK
M. Luthfi Fajar Shiddiq W 2024. Pengaruh Pengaruh Persepsi Kemudahan,
Persepsi Keamanan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan
Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna LinkAja Di Kota
Semarang
Pembimbing : Dorojatun Prihandono, S.E., M.M., Ph.D.
Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Daya Tarik Promosi,
Keputusan Penggunaan, Kepercayaan
Perkembangan teknologi semakin pesat hingga merubah perilaku masyarakat
menjadi serba digital. Salah satu pemanfaatan teknologi ini adalah financial
technology (fintech) dengan memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui
dompet digital (e-wallet). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pengaruh
persepsi kemudahan, persepsi keamanan dan daya tarik promosi terhadap
keputusan penggunaan melalui kepercayaan. Populasi pada penelitian ini adalah
pengguna dompet digital LinkAja di Kota Semarang. Jumlah sampel sebanyak 100
responden dengan menggunakan teknik Non probability sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data dengan Path Analysis
serta Sobel Test menggunakan SPSS v25. Hasil penelitian menunjukan bahwa
persepsi kemudahan, persepsi keamanan dan daya tarik promosi berpengaruh
positif signifikan terhadap keputusan penggunaan. Sedangkan untuk pengaruh
mediasi menunjukkan bahwa kepercayaan mampu memediasi pengaruh persepsi
kemudahan, persepsi keamanan dan daya tarik promosi terhadap keputusan
penggunaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain