Text
Pengaruh Green Product dan Green Advertising terhadap Purchase Decision melalui Purchase Intention sebagai variabel mediasi (Studi pada Konsumen Tupperware di Kota Semarang)
ABSTRAK
Murod Hafidz Akbar 2023. Pengaruh Green Product dan Green Advertising
terhadap Purchase Decision melalui Purchase Intention sebagai variabel mediasi
(Studi pada Konsumen Tupperware di Kota Semarang).
Pembimbing : Endah Prapti Lestari, S.E., M.M.
Kata kunci : Green Product, Green Advertising, Purchase Decision, Purchase
Intention
Isu lingkungan hidup saat ini menjadi masalah yang mendapat perhatian
dari seluruh dunia. Isu terhadap pencemaran udara, pencemaran air, dan yang
paling banyak dibicarakan yaitu tentang penanganan sampah/limbah rumah
tangga. Sampah menjadi masalah berat bagi lingkungan mengingat jumlah
sampah yang semakin bertambah dari waktu ke waktu yang kondisinya sulit untuk
didaur ulang. Kesadaran akan kondisi lingkungan menjadi peluang bagi
perusahaan untuk dapat memenuhi keinginan konsumen yang membutuhkan
produk ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Green
Product dan Green Advertising terhadap Purchase Decision dengan Purchase
Intention sebagai variabel mediasi pada Konsumen Tupperware di Kota
Semarang. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode
nonprobability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden
Konsumen Tupperware di Kota Semarang. Metode pengumpulan data yang di
gunakan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini
menggunakan alat analisis Partial Leat Square (SmartPLS). Hasil penelitian
menunjukan bahwa Green Product dan Green Advertising berpengaruh positif
dan signifikan terhadap Purchase Intention. Green Product berpengaruh positif
dan signifikan pada Purchase Decision konsumen Tupperware di Kota Semarang
melalui mediasi Purchase Intention. Sedangkan, untuk pengaruh mediasi pada
hubungan antara Green Advertising dan Purchase Decision menujukan bahwa
Purchase Intention tidak dapat memediasi hubungan antara Green Advertising
dan Purchase Decision. Disarankan untuk perusahaan yaitu meingkatkan inovasi
produk, kualitas produk, dan strategi promosi sehingga dapat meningkatkan nilai
jual produk, keputusan pembelian meningkat, kesadaran konsumen terhadap
produk ramah lingkungan, dan minat beli meningkat. Untuk peneliti selanjutnya
diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menambah variabel lain dan
mengembangkan objek penelitian di lingkup yang lebih luas
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain